Visi Misi

VISI

Visi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA disusun dengan berpatokan pada Visi Universitas Pattimura dan Fakultas KIP Universitas Pattimura. Visi Universitas yaitu “Menjadi pusat pengembangan sumberdaya manusia, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang unggul, berkarakter, berbudaya dan berbasis laut pulau”. Sedangkan visi Fakultas KIP Univeristas Pattimura yaitu “Terwujudnya layanan prima untuk membentuk tenaga Pendidik yang unggul dan berkarakter”.

Berdasarkan visi Universitas Pattimura dan Fakultas KIP Universitas Pattimura, maka visi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pattimura adalah :

“Menjadi Program Studi yang Unggul dan Berkarakter dalam Pengembangan Bidang Pendidikan Biologi serta Aplikasi Sains Biologi Berbasis Laut Pulau pada Tahun 2018 di Kawasan Indonesia Timur”

Penjelasan :

  1. Unggul adalah menghasilkan lulusanyang memiliki kompetensi tinggi, daya saing dalam pengembangan dan penerapan konsep pembelajaran biologi serta sains biologi.
  2. Berkarakter adalah menghasilkan lulusanyang memiliki perilaku baik sehingga menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.

Berbasis laut pulau adalah menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan teknologi sederhana dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) laut pulau untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan sains biologi di tingkat sekolah dan masyarakat.

MISI

Untuk mewujudkan visi di atas, maka dirumuskan misi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Jurusan PMIPA Universitas Pattimura adalah :

  1. Menyelenggarakan fungsi pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berkarakter dalam pembelajaran serta aplikasi sains biologi.
  2. Menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara profesional sebagai guru pada setiap satuan pendidikan di daerah kepulauan.
  3. Memecahkan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran biologi serta aplikasi sains biologi melalui perencanaan, penelitian dan evaluasi berbasis laut pulau.
  4. Melaksanakan sistem manajemen tatakelola pendidikan yang bermutu : kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab.
  5. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk penguatan kapasitas di bidang pendidikan biologi dan aplikasi sains biologi.