Ambon, 14 November 2025 – Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya (UNSRI) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema: Transformasi Pembelajaran Berbasis Proyek: Mengaktualisasikan Literasi SDGs Melalui Etno-Botani dan Virtual Reality, bersama narasumber Prof. Dr. Pamella M. Papilaya, M.Pd. (Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNPATTI). Tujuan kegiatan ini untuk memperluas wawasan para Mahasiswa tentang transformasi pembelajaran berbasis proyek. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui platform zoom cloud meeting.
Prof. Pamella M. Papilaya menjelaskan tumbuhan-tumbuhan endemik di Provinsi Maluku, makanan dan minuman lokal Maluku sebagai sumber pembelajaran sains, etimologi, defenisi dan penjelasan dari etnosains dan ekologi. Prof. Pamella M. Papilaya juga menjelaskan terkait konteks global dan tantangan pendidikan saat ini, yaitu pendidikan harus melahirkan problem solver yang mampu berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. SDGs, pendidikan masa depan tidak hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga cara hidup berkelanjutan, dan dunia menghadapi transformasi digital dan tantangan global (perubahan iklim, krisis pangan, ketimpangan sosial). Prof. Pamella M. Papilaya menegaskan untuk kepedulian terhadap lingkungan, menjadi agen perubahan lingkungan, mahasiswa harus jadi problem solver untuk memecahkan problem-problem di masyarakat, pemberdayaan masyarakat dalam memecahkan masalah. Pendidikan Tinggi bukan cara berpikir seperti dosen, tapi harus bisa menciptakan nalar masing-masing, kreatifitas itu berasal dari sudut pandang/ide yang baru. Mahasiswa harus rajin belajar secara terus-menerus, generasi bukan hanya mengetahui dunia tapi memberikan solusi untuk dunia. Selanjutnya Prof. Pamella M. Papilaya menjelaskan tantangan pendidikan abad 21 dan SDGs, kapasitas mahasiswa di abad 21, menjadi bagian dalam peradaban teknologi, literasi digital, berkontribusi bagi lembaga pendidikan dan masyarakat. Selanjutnya Prof. Pamella M. Papilaya menjelaskan tentang etno-botani sebagai basis kontekstualisasi SDGs. Prof Pamella M. Papilaya menyampaikan pertanyaan, mengapa pembelajaran perlu bertransformasi?, pola lama harus ditinggalkan dan harus bisa bertransfomasi dengan pola baru, mahasiswa harus sadar lingkungan dan membuat sesuatu yang ramah lingkungan. Selanjutnya dijelaskan tentang transformasi pembelajaran berbasis proyek, yang menjadi goals kita untuk menjawab SDGs, mahasiswa harus jadi pembelajar seumur hidup, harus jadi model, pemanfaatan teknologi menjadi elemen penting untuk kreatifitas mahasiswa. Kemudian dijelaskan terkait transformasi digital dalam PjBL etnobiologi, perubahan pembelajaran tidak secara langsung tapi secara bertahap, mata kuliah botani di Pendidikan Biologi FKIP UNPATTI sudah mulai menggunakan platform Artificial Intelligence (AI), eksplorasi virtual kebun etnobotani. Prof. Pamella M. Papilaya menampilkan gambar tumbuhan Galoba, tumbuhan Galoba tersebut menjadi kolaborasi riset antara Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNPATTI dengan Dosen Fisika FST UNPATTI. Prof. Pamella M. Papilaya menjelaskan bentuk-bentuk digitalisasi sederhana untuk analisis tumbuhan, seperti Google Lens, PlantNet, iNaturalist, Flora Incognita, LeafSnap, dan PicturesThis, aplikasi-aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengetahui morfologi tumbuhan. Lingkungan kampus UNPATTI terdapat banyak tumbuhan, mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNPATTI melakukan pemetaan morfologi tumbuhan di lingkungan kampus UNPATTI menggunakan aplikasi identifikasi tmbuhan. Selanjutnya ditampilkan gambar-gambar buku-buku botani yang ditulis oleh Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNPATTI. Prof. Pamella M. Papilaya menjelaskan hasil pengabdian kepada masyarakat dengan objek Rumput Laut, yaitu Lamun (seagrass), yang diolah menjadi berbagai produk pangan. Pada bagian terakhir, Prof. Pamella M. Papilaya menjelaskan Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNPATTI dan menampilkan video pemanfaatan tumbuhan Hotong dari Kabupaten Buru Selatan sebagai bahan dasar pengolahan produk makanan.
Kegiatan ini menegaskan bahwa etnobotani menjadi salah 1 tonggak transformasi pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan tumbuhan lokal dengan keterampilan abad 21 dalam dunia pendidikan. Diharapkan mahasiswa dan dosen mampu mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek yang dapat melahirkan inovasi pembelajaran yang kontekstual, berkelanjutan, dan relevan dengan tantangan pendidikan masa kini dan masa yang akan datang.
Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNSRI, Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNPATTI, para Mahasiswa dan Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNSRI, dan Mahasiswa dan Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNPATTI dengan jumlah participant sebanyak 178 orang.
#kuliahtamu #transformasipembelajaran #literasiSDGs #etno-botani #virtualreality #kurikulummerdeka #unsri #unpatti #fkip #pendidikanbiologi #sobatmudamendunia #kuliahdipendidikanbiologiunpatti #prodiberdampak #universitylife #campuslife #keepsmartsmilesolid