| Kode | Deskripsi | Profil | MK |
| CPL-1 | Mampu menganalis konsep dasar Kependidikan, perkembangan peserta didik, dan mengembangkannya sebagai pendidik professional, serta menerapkan dalam pembelajaran pada jenjang Pendidikan menengah di daerah laut pulau. | Pendidik | - Landasan Pendidikan
- Perkembangan Peserta Didik
- Pengembangan Profesi Guru
- Belajar dan Pembelajaran
|
| CPL-2 | Mampu menganalisis konsep dan prinsip dasar kurikulum untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi penerapannya dalam pembelajaran secara adaptif dengan mengintegrasikan strategi dan media pembelajaran berbasis IT. | Pendidik | |
| CPL-3 | Mampu menguasai prinsip dan teknik metodologi untuk melaksanakan dan mengembangkan penelitian serta memanfaatkan hasilnya untuk memecahkan masalah-masalah dalam bidang manajemen berbasis sekolah, pembelajaran mikro dan pengembangan persekolahan berbasis kearifan lokal di daerah laut pulau | Pendidik | |
| CPL-4 | Mampu menganalisis dinamika sosio-eco region melalui penelitian berkelanjutan dan mengintegrasikannya dalam pendidikan, konservasi, biodiversitas, lingkungan hidup, dan pulau-pulau kecil berbasis kearifan lokal. | Pendidik, Peneliti | |
| CPL-5 | Mampu menganalisis konsep biosistematika berbasis kearifan lokal, mengaplikasikan dan mengembangkannya dalam pembelajaran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah laut pulau. | Pendidik, Peneliti | - Strategi Pembelajaran Biologi
- Desain Media Pembelajaran Biologi Berbasis IT
- Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi
- Pengembangan Perangkat dan bahan ajar Sekolah
|
| CPL-6 | Mampu menganalisis konsep struktur dan perkembangan organisme, menunjukkan integritas serta kepedulian dalam pemanfaatan ilmu bagi pengelolaan sumber daya hayati, dan menerapkan metode serta teknologi ilmiah dalam pengamatan, preparasi, dan penelitian biologi | Peneliti | - Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi
- Manajemen Berbasis Sekolah*
- Microteaching
- Pengenalan Lingkungan Persekolahan Pendidikan Berbasis kearifan Lokal*
|
| CPL-7 | Mampu menganalisis konsep fisiologi tumbuhan, hewan, dan manusia dalam kaitannya dengan fungsi kehidupan, menunjukkan tanggung jawab serta kepedulian terhadap pemanfaatan ilmu fisiologi bagi pengelolaan sumber daya hayati dan lingkungan, dan menerapkan metode serta teknologi ilmiah untuk analisis dan sintesis proses fisiologis. | Peneliti | - Pengelolaan sumber daya kelautan dan pulau-pulau kecil
- Pendidikan Kepulauan
- Biologi Laut
- Konservasi dan Biodiversitas
- Pendidikan Lingkungan Hidup
|
| CPL-8 | Mampu menganalisis konsep biologi sel, biomolekuler, dan bioteknologi, dan mengembangkannya melalui penelitian inovatif interdisipliner, secara bertanggung jawab serta memanfaatkan hasilnya untuk kesejahteraan dan kelestarian lingkungan. | Peneliti | - Biologi Umum
- Botani Tumbuhan Rendah
- Botani Tumbuhan Tinggi
- Zoologi Invertebrata
- Zoologi Vertebrata
- Entomologi*
|
| CPL-9 | Mampu menganalisis konsep ekologi dalam kaitannya dengan dinamika lingkungan, menunjukkan kepedulian serta tanggung jawab terhadap kelestarian sumber daya hayati, serta berupaya meningkatkan kualitas lingkungan untuk menghasilkan solusi berkelanjutan | Peneliti | - Morfologi Tumbuhan
- Anatomi Tumbuhan
- Kultur Jaringan
- Perkembangan Hewan
|
| CPL-10 | Mampu merancang dan melaksanakan kegiatan eksperimen sains, mengelola laboratorium dengan sikap profesional, menganalisis data, menyusun laporan ilmiah, mengoperasikan dan merawat instrumen, serta menerapkan prinsip K3L dan keberlanjutan lingkungan. | Peneliti, laboran/teknisi | - Fisiologi Tumbuhan
- Fisiologi Hewan
- Anatomi Fisiologi Manusia
|
| CPL-11 | Mampu menganalisis konsep genetika dan evolusi, menerapkannya serta menggunakan metode analisis genetik untuk membuktikan fenomena biologis dan mendukung pengelolaan sumber daya hayati dengan berperilaku etis dan bertanggung jawab. | Pendidik, Peneliti, Laboran/teknisi | - Biologi Sel
- Biologi Molekuler
- Biokimia
- Bioteknologi
- Ilmu Gizi dan Pangan*
|
| CPL-12 | Mampu menganalisis kehidupan mikroorganisme secara structural dan fungsional dalam berbagai bidang, serta menerapkan teknik dasar mikrobiologi seperti isolasi, kultivasi, dan identifikasi untuk mendukung pemanfaatan mikroba secara mandiri, profesional dan beretika. | | - Ekologi Tumbuhan
- Ekologi Hewan
- Ekologi Perairan
|
| CPL-13 | Mampu merancang dan melaksanakan usaha kreatif-inovatif berbasis sains dan kearifan lokal secara berkelanjutan, serta terampil mengidentifikasi peluang usaha, menyusun rencana, dan memanfaatkan teknologi digital secara profesional, berdaya saing global, dan bertanggung jawab. | | - Rancangan Percobaan*
- Biostatistik
- Teknik dan Pengelolaan Laboratorium
- Mikroteknik *
|
| CPL-14 | Mampu merancang, melaksanakan, dan mengkomunikasikan karya ilmiah dengan mengikuti etika ilmiah, menguasai metode penelitian biologi dan penerapannya dalam konteks sosial maupun ekologis secara terampil. | | Genetika dan Evolusi |
| CPL-15 | Mampu mengimplementasikan sikap religious, nasionalis, literasi saintifik, dan komunikasi ilmiah, serta menjunjung etika dan kepedulian lingkungan. | | - Mikrobiologi Dasar
- Mikrobiologi Terapan
|
| | | | - Kewirausahaan
- Seminar biologi
- KKN
- Skripsi
- Karya Tulis Ilmiah*
|