Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi

Visi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pattimura :
“Menjadi program studi unggul yang berakhlak mulia, cendekia, berkarakter, kompetitif dan berwawasan global dalam pengembangan Pendidikan Biologi berbasis laut pulau pada tahun 2025 di kawasan Indonesia Timur”.

Untuk lebih menjelaskan makna dari paparan visi tersebut, maka dipaparkan tentang pengertian dari beberapa kata kunci sebagai berikut:
Penjelasan :

  1. Unggul adalah menghasilkan lulusan yang kompeten yaitu yang memiliki soft skill dan hard skill lebih tinggi di antara lulusan lain, dapat menjadi pionir dalam berbagai aspek khususnya yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Biologi.
  2. Berakhlak Mulia adalah menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sopan dan santun dalam tutur kata, sikap dan tingkah laku.
  3. Cendekia adalah menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dalam pengertian sekedar pandai, tetapi lebih dari itu, memiliki sikap tanggap, cekatan, cerdas, mampu mencerna dan merespon informasi secara cepat kemudian mampu mengejewantahkannya dalam tindakan nyata.
  4. Berkarakter adalah menghasilkan lulusan yang berintegritas, bertanggung jawab, jujur, menghargai dan menghormati sesama dalam tutur kata maupun sikap sehingga dapat menjadi teladan dalam masyarakat.
  5. Kompetitif dan Berwawasan Global adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kinerja tinggi, berdaya cipta, dan mampu bersaing pada level regional, nasional maupun internasional di era keterbukaan masyarakat dan ekonomi global.
  6. Berbasis Laut Pulau adalah menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan sumber-sumber alam lokal dan mengintegrasikannya ke dalam teknologi-teknologi baru untuk menunjang dan meningkatkan kualitas pembelajaran di daerah laut pulau untuk menunjang pembelajaran biologi di sekolah maupun di masyarakat.

Misi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Jurusan PMIPA Universitas Pattimura :

  1. Menyelenggarakan fungsi Pendidikan dan pembelajaran Biologi berstandar nasional dan internasional untuk menghasilkan lulusan yang unggul, berakhlak mulia, cendekia, berkarakter, kompetitif dan berwawasan global serta mampu menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara profesional sebagai guru pada setiap satuan pendidikan di daerah laut pulau.
  2. Menyelenggarakan fungsi penelitian untuk pengembangan Ilmu Biologi dan Pendidikan Biologi secara terencana, dan terkontrol dalam rangka mengatasi masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran biologi di daerah laut pulau.
  3. Menyelenggarakan fungsi pengabdian masyarakat sebagai wujud implementasi atau penyebarluasan hasil-hasil pengetahuan dan penelitian untuk pengembangan dan pemanfaatan Biologi dan Pendidikan Biologi bagi kepentingan mansyarakat.
  4. Melaksanakan sistem manajemen tatakelola pendidikan yang bermutu: kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab.
  5. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk penguatan kapasitas sumber daya manusia di bidang pendidikan biologi dan aplikasi sains biologi.

Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Jurusan PMIPA Universitas Pattimura :
Tujuan yang ingin diwujudkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpatti adalah pada tahun 2025 menghasilkan lulusan di bidang kependidikan khususnya (Sarjana Pendidikan) dan aplikasi sains biologi yang memiliki kompetensi utama, yaitu:

  1. Kompetensi Pedagogik : mampu menerapkan dan mengembangkan proses pembelajaran biologi aktif, kreatif, inovatif eksperimentalis dan menyenangkan (PAIKEM) dan menguasai substansi kajian biologi yang berorientasi laut-pulau;
  2. Kompetensi Kepribadian : memiliki kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai moral dan budaya serta menjadi teladan bagi orang lain;
  3. Kompetensi Sosial : mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, kolega, orang tua, dan masyarakat lainnya di tingkat local, nasional, global secara efektif dan efisien;
  4. Kompetensi Profesional : mampu menguasai substansi materi biologi dan aplikasi secara luas dan terbarukan;
  5. Kompetensi Penelitian : mampu mengembangkan penelitian di bidang pendidikan biologi dan sains biologi dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat serta mempublikasikan hasilnya di tingkat lokal, nasional,dan internasional.